Langsung ke konten utama

BUSINESS PLAN RENDANG KHAS JAWA ALA “RETNO.S”

BUSINESS PLAN


RENDANG KHAS JAWA ALA “RETNO.S”



Ditujukan untuk memenuhi tugas Matakuliah “Kewirausahaan”

Dosen Pembimbing : Drs. H. Zikri




   














Disusun oleh:

RETNO SEPTIANI/MU/E






FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN 2017



 



KATA  PENGANTAR



Segala puji bagi Allah yang telah memberikan rasa cinta dan kasih saying kedalam sanubari setiap kehidupan yang tidak akan pernah terkikiskan oleh gejolaknya zaman sehingga dengan rasa cinta dan kasih sayngnyalah membawa kita kepada pemikiran-pemikiran yang selalu diridhoinya yang berupa penyusunan makalah ini yang bertemakan MASA KERUNTUHAN UMAIYAH sesuai dengan harapan yang kita inginkan.

Sholawat serta salam semoga tetap  tercurah limpahkan kepada nabi kita nabi besar Muhammad SAW ,karena dengan berkat dan perjuanganya beliau kita dapat terangkis dari alam jahiliya menuju alam kemahiran,sehingga kita dapat menikmati ilmu yang dengan baik seperti apa yang kita rasakan sekarang ini. Melihat kemampuan kami yang kurang,kami yakin dalam makalah ini nmasih banyak terdapat kekurangan,maka dari itu kami sangat butuh saran dan kritik yang bersifat membangun yang mampu membawa kami kepada kesempurnaan makalah ini.



Bandar Lampung,  Mei 2017






               Penulis









DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii

LATAR BELAKANG................................................................................... 1
A.    Latar Belakang Usaha............................................................................ 1

BAB II  BUSINESS PLAN........................................................................... 2
A.    Visi dan Misi........................................................................................ 2
B.     Identifikasi Usaha................................................................................ 2
C.     Ruang Lingkup Usaha.......................................................................... 2
D.    Tujuan................................................................................................... 3

BAB III  ANALISIS USAHA....................................................................... 4
A.    Rencana Produk................................................................................... 4
B.     Produk / Jasa yang dihasilkan............................................................... 4

BAB IV DESKRIPSI TENTANG USAHA................................................. 5
A.    Jenis Usaha........................................................................................... 5
B.     Prospek Usaha...................................................................................... 5

BAB V RENCANA PRODUKSI................................................................. 6
A.    Bahan Baku dan Penggunaanya........................................................... 6
B.     Proses Produksi.................................................................................... 6

BAB VI RENCANA PEMASARAN........................................................... 7
A.    Analisis Persaingan Usaha.................................................................... 7
B.     Analisis 4P............................................................................................ 7
C.     Target Dan Segmentasi Pasar............................................................... 8
D.    Strategi Pemasaran............................................................................... 8

BAB VII RENCANA PERMODALAN...................................................... 10
A.    Bahan Baku per Hari............................................................................ 10
B.     Peralatan dan Mesin............................................................................. 10
C.     Niaya Tenaga Kerja.............................................................................. 10
D.    Biaya Overhead Pabrik......................................................................... 10
E.     Biaya Sewa dan Pemasaran.................................................................. 11
F.      Harga Per Porsi..................................................................................... 11
G.    Modal Awal.......................................................................................... 11
H.    Analisis Keuangan................................................................................ 11
I.       Pengembalian Modal............................................................................ 11
                                
BAB IX RESIKO........................................................................................... 12

BAB X PENUTUP......................................................................................... 13
A.    Kesimpulan........................................................................................... 13

BAB I

LATAR BELAKANG


A.      Latar Belakang Usaha
Bisnis kuliner memang tak ada habisnya, dari sekadar hobi makan pun kini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan tradisional pun dapat  dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah satunya adalah Rendang Khas Jawa  yaitu salah satu jenis makananan tradisional yang merupakan hasil olahan dari Daging Sapi.
         Rasanya yang enak dan cocok dengan lidah orang indonesia mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah varian rasa yang Pedas Manis.
         Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka usaha yaitu Masakan Rendang Khas Jawa untuk dijual karena tidak hanya dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah makanan yang dapat mengenyangkan dan memuaskan lidah para konsumen.
                                                           


 
BAB II

BUSINESS PLAN


A.    Visi & Misi
1.      Visi
Melestarikan  makanan tradisional yakni Pempek agar semakin dicintai oleh  seluruh masyarakat penikmat Pempek terutama yang berdomisili di wilayah Samarinda.
2.      Misi
o   Selalu melakukan inovasi secara berkelanjutan terhadap Pempek
o   Selalu memberikan kepuasan kepada konsumen terhadap kwalitas dan cita rasa produk Pempek.
o   Melayani sepenuh hati dan bersikap ramah kepada setiap keinginan dan kebutuhan setiap pelanggan.

B.     Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama                            : Retno Septiani
Nama Usaha                : Masakan Rendang Khas Jawa
No. telp. Usaha           : -
Email Usaha                : Sretno325@gmail.com

C.    Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di buka di daerah Tanjung Bintang, namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati olahan Rendang Khas Jawa ini.
D.    Tujuan
1.      Mendapatkan keuntungan dari produk ini
2.      Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
3.      Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari Daging Sapi menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
4.      Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa makanan tradisional pun dapat memiliki varian rasa yang diaplikasikan sebagai isian yang memiliki cita rasa tinggi


BAB III

ANALISIS USAHA


A.    Rencana Produk
Rendang adalah makanan tradisional yang saat ini tidak hanya digemari oleh rakyat Indonesia namun makanan ini sudah sangat terkenal di seluruh wilayah indonesia. Adapun bahan dasar dari makanan ini adalah Daging sapi segar.

B.     Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Rendang  Khas Jawa ini diantaranya :
1.      Hidangan lezat dan bergizi
2.      Harga relatif terjangkau oleh semua kalangan baik kalangan atas ataupun kalangan menengah
3.      Memiliki varian rasa pedas manis
    


BAB IV

DESKRIPSI TENTANG USAHA



A.    Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan Varian rasa yg bikin nagih.

B.     Prospek Usaha
       Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk Rendang Khas Jawa.Dalam  usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan.  Dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus atau juru masak, akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, ulet, sabar, dan kerja keras.


BAB V
RENCANA PRODUKSI


A.      Bahan Baku dan penggunaannya

       Bahan-bahan untuk membuat Rendang Daging Sapi Khas Jawa:

No.
Keterangan
1.
Daging Sapi Segar
2.
Kelapa
3.
Cabai
4.
Garam
5.
Penyedap Rasa
6.
Bawang Putih








B.    Bahan Penolong
No.
Keterangan
1.
Bawang Merah
2.
Gula Merah

C.    Proses Produksi

Adapun cara pembuatan Rendang adalah :
Proses pembuatan Rendang terdiri dari :
1.      Tahap Penyiapan Bahan
Pada tahap ini bahan utama Daging Segar Harus dipotong sedang lalu dicuci dengan air bersih,untuk membuat Rendang disiapkan kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu dan Santan,Campur Jadi satu


BAB VI
RENCANA PEMASARAN

A.    Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.      Strength (kekuatan)
Kekuatan  produk Pempek Mlembung ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh usaha Pempek Mlembung ini yaitu penjualan Pempek dari bahan dasar ikan dan menggunakan varian isi  yang masih jarang, sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar.
2.      Weakness (kelemahan)
Tidak enak jika disantap dalam keadaan dingin , jadi produk harus hangat jika akan di sajikan.
3.      Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan isi Pempek Mlembung yang bervariasi menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif, di Samarindadapat menjadikan usaha ini memiliki  peluang besar untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
4.      Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen terutama di Samarinda, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan Pempek Mlembung yang mungkin dapat mengurangi pembeli.

B.     Analisis 4P
1.      Product
Brand           :Rendang Daging Sapi Khas Jawa
Quality         :Tanpa bahan pengawet
Packing        :Menggunakan tempat plastic  jika mau dibawa pulang

2.      Price
Untuk harga awal,Rendang Daging Sapi ini dijual langsung kepada konsumen dengan   harga
Rp 20.000,- per porsi
3.      Promotion
Ø  Personal Selling : Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus berkembang.
Ø  Media Online : memasarkan produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook, BBM  dan twitter.
4.      Place
Tempat yang dipilih yaitu di Tanjung Bintang.

C. Target Dan Segmentasi Pasar

Ø  Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Tanjung Bintang
Ø  Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar . Dan dipinggiran jalan dengan membuka Warung Makan Rendang Khas Jawa untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.

D. Strategi Pemasaran
Ø  Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang terjangkau dengan rasa yang Bikin masyarakat ketagihan, Produk ini bernama “Rendang Khas Jawa” yaitu Rendang yang disajikan dengan rasa yang berbeda dengan yang lainya.
Ø  Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk Rendang Khas Jawa yang berbahan baku Daging Sapi. Oleh karena itu Rendang Khas Jawa berniat bekerja sama dengan pemasok Daging yang ada di pelelangan Daging.
Ø  Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk Rendang Khas Jawa kali ini yang pertama yaitu Daging dengan Rasa pedas Manis khas jawa.
Ø  Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Rendang Khas Jawa
Ø  Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook , BBM dan twitter serta face to face.


 BAB VII
RENCANA PERMODALAN


A.    Bahan Baku  per  Hari
No
Keterangan
Satuan
Harga
1
Daging Sapi Segar
1/kilo
Rp  120.000,-
2
Kelapa
6 biji
Rp    60.000,-
4
Garam
1 bungkus
Rp      1.000
5
Penyedap Rasa
3 bungkus
Rp      3.000
6
Bawang Putih
2 siung
Rp      3.000
 
Total

Rp   187.000,-










B.  Peralatan  dan Mesin
No
Keterangan
Satuan
Harga
1
Timbangan
1 Buah
Rp 50.000
2
Sendok Nasi
1 Buah
Rp 10.000
3
Blender
1 Buah
Rp 300.000
4
Baskom
3 Buah @ Rp 6.000
Rp 18.0000
5
Panci Besar
1 Buah
Rp 100.000
6
Wajan
1 Buah
Rp 80.000
7
Spatula
1 Buah
Rp 15.000
8
Serok
1 Buah
Rp 15.000
9
Kompor
1 Buah
Rp  250.000
10
Kulkas Kecil
1 Buah
Rp 600.000
11
Lemari Kaca
1 Buah
Rp 150.000

Total

Rp 1.588.000

C. Biaya Tenaga Kerja
1 orang = Rp 500.000 per bulan
Jadi biaya tenaga kerja per hari adalah Rp 19.000

D.    Biaya Overhead  Pabrik
No.
Keterangan
Satuan
Harga/satuan
Jumlah
1.
Biaya Listrik
1 hari
Rp    7.500
Rp   7.500
2
Biaya Transportasi
1 hari
Rp 18.000
Rp 18.000
3.
LPG 3kg
1 Tabung
Rp 15.000
Rp 15.000
4.
Plastik & mika
2 pack
Rp   20.000
Rp 40.000

Jumlah


Rp 80.500










E.   Biaya Sewa Dan Pemasaran
Biaya sewa Rp. 6.000.000,- per tahun
Biaya Pemasaran Rp. 1.500.000 per tahun

F.    Harga per Porsi
Harga per Porsi adalah Rp. 15.000,-
Target penjualan Pempek per hari adalah 15 porsi . Jadi total harga adalah Rp. 225.000,-

G. Modal Awal
Total Biaya Awal = Rp 10.427.500,-

H.  Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut  rinciannya :
a.       Pendapatan Harian = Rp 15.000 x 15 porsi = Rp 225.000
b.      Pendapatan bulanan = Rp 225.000 x 30 hari = Rp 6.750.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
c.       Pendapatan yang akan dicapai  = Rp 6.750.000 x 12 = Rp 81.000.000
d.      Dan dengan biaya produksi = Rp 759.000 x 12 = Rp 9.108.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp 81.000.000 – Rp 9.108.000 = Rp 71.892.000

I.  Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per bulan = Rp 10.427.500 : Rp 6.750.000= 1,5 bulan (45 hari)


BAB IX

RESIKO


`Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Rendang Khas Jawa.


 BAB X

PENUTUP


A.  Kesimpulan

            Usaha Masakan Rendang Khas Jawa ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam isi dan rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya. Agar tidak menimbulkan kegagalan usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha berkembang dengan cepat serta tetap menjaga kualitas dan berinovasi untuk menarik para konsumen membeli produk tersebut.

Komentar

  1. Trimakasih informasinya sangat membantu.. saya izin copas ya :)

    BalasHapus
  2. Titanium White Dominus Price | Titanium Goods
    Titanium Gold 2017 ford fusion energi titanium Deluxe titanium legs is a titanium trim hair cutter Deluxe Game Box Set featuring a Box Set featuring 40 Classic galaxy watch 3 titanium Games! This is titanium camping cookware an authentic item from Tintin Games.

    BalasHapus

Posting Komentar