BUSINESS
PLAN
RENDANG KHAS JAWA ALA “RETNO.S”
Ditujukan untuk memenuhi tugas Matakuliah “Kewirausahaan”
Dosen Pembimbing : Drs. H. Zikri

Disusun oleh:
RETNO SEPTIANI/MU/E
FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG
TAHUN 2017
KATA PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah yang telah memberikan rasa cinta dan kasih saying kedalam
sanubari setiap kehidupan yang tidak akan pernah terkikiskan oleh gejolaknya
zaman sehingga dengan rasa cinta dan kasih sayngnyalah membawa kita kepada
pemikiran-pemikiran yang selalu diridhoinya yang berupa penyusunan makalah ini
yang bertemakan MASA KERUNTUHAN UMAIYAH sesuai dengan harapan yang kita
inginkan.
Sholawat
serta salam semoga tetap tercurah
limpahkan kepada nabi kita nabi besar Muhammad SAW ,karena dengan berkat dan
perjuanganya beliau kita dapat terangkis dari alam jahiliya menuju alam
kemahiran,sehingga kita dapat menikmati ilmu yang dengan baik seperti apa yang
kita rasakan sekarang ini. Melihat kemampuan kami yang kurang,kami yakin dalam
makalah ini nmasih banyak terdapat kekurangan,maka dari itu kami sangat butuh
saran dan kritik yang bersifat membangun yang mampu membawa kami kepada
kesempurnaan makalah ini.
Bandar
Lampung, Mei 2017
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR................................................................................... ii
DAFTAR ISI.................................................................................................. iii
LATAR
BELAKANG................................................................................... 1
A.
Latar
Belakang Usaha............................................................................ 1
BAB II BUSINESS PLAN........................................................................... 2
A. Visi dan Misi........................................................................................ 2
B.
Identifikasi
Usaha................................................................................ 2
C.
Ruang
Lingkup Usaha.......................................................................... 2
D. Tujuan................................................................................................... 3
BAB III ANALISIS USAHA....................................................................... 4
A. Rencana Produk................................................................................... 4
B. Produk / Jasa yang dihasilkan............................................................... 4
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA................................................. 5
A. Jenis Usaha........................................................................................... 5
B. Prospek Usaha...................................................................................... 5
BAB V RENCANA
PRODUKSI................................................................. 6
A. Bahan Baku dan Penggunaanya........................................................... 6
B. Proses Produksi.................................................................................... 6
BAB VI
RENCANA PEMASARAN........................................................... 7
A. Analisis Persaingan Usaha.................................................................... 7
B.
Analisis
4P............................................................................................ 7
C.
Target Dan Segmentasi Pasar............................................................... 8
D. Strategi Pemasaran............................................................................... 8
BAB VII RENCANA PERMODALAN...................................................... 10
A. Bahan Baku per Hari............................................................................ 10
B. Peralatan dan Mesin............................................................................. 10
C. Niaya Tenaga Kerja.............................................................................. 10
D. Biaya Overhead Pabrik......................................................................... 10
E. Biaya Sewa dan Pemasaran.................................................................. 11
F. Harga Per Porsi..................................................................................... 11
G. Modal Awal.......................................................................................... 11
H. Analisis Keuangan................................................................................ 11
I. Pengembalian Modal............................................................................ 11
BAB IX RESIKO........................................................................................... 12
BAB X PENUTUP......................................................................................... 13
A. Kesimpulan........................................................................................... 13
BAB I
LATAR
BELAKANG
A. Latar Belakang Usaha
Bisnis kuliner memang tak ada
habisnya, dari sekadar hobi makan pun kini bisa dijadikan sebagai peluang
bisnis yang menjanjikan. Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam
kreatifitas yang menarik dan unik. Makanan tradisional pun dapat dikreasikan menjadi makanan yang
memiliki cita rasa dan nilai jual tinggi. Salah
satunya adalah Rendang Khas Jawa yaitu salah satu jenis makananan tradisional yang merupakan hasil olahan dari Daging Sapi.
Rasanya
yang enak dan cocok dengan lidah
orang indonesia mampu menarik minat para konsumen. Keunikan Produk ini adalah varian rasa yang Pedas Manis.
Oleh karena itu saya tertarik untuk membuka
usaha yaitu Masakan Rendang Khas Jawa untuk dijual karena tidak hanya
dijadikan sebagai camilan ringan yang rasanya cukup lezat, namun juga mulai
diminati para konsumen sebagai salah makanan yang dapat mengenyangkan dan memuaskan lidah para konsumen.
BAB
II
BUSINESS
PLAN
A.
Visi & Misi
1. Visi
Melestarikan makanan tradisional yakni Pempek
agar semakin dicintai oleh seluruh masyarakat penikmat Pempek terutama yang berdomisili
di wilayah Samarinda.
2.
Misi
o
Selalu melakukan inovasi
secara berkelanjutan terhadap Pempek
o
Selalu memberikan kepuasan
kepada konsumen terhadap kwalitas dan cita rasa produk Pempek.
o Melayani sepenuh hati dan bersikap ramah kepada setiap keinginan
dan kebutuhan setiap pelanggan.
B.
Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama : Retno Septiani
Nama Usaha : Masakan
Rendang Khas Jawa
No. telp. Usaha : -
Email Usaha : Sretno325@gmail.com
C. Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di buka di daerah Tanjung Bintang, namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi
usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati olahan Rendang Khas Jawa
ini.
D. Tujuan
1. Mendapatkan keuntungan dari produk ini
2. Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai
seluruh kalangan masyarakat.
3. Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari Daging Sapi menjadi
produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai
salah satu makanan alternatif yang mengandung karbohidrat yang enak dan
bergizi.
4. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa
makanan tradisional pun dapat memiliki varian rasa yang diaplikasikan sebagai
isian yang memiliki cita rasa tinggi
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
Rencana Produk
Rendang adalah makanan tradisional yang saat ini tidak
hanya digemari oleh rakyat Indonesia
namun
makanan ini sudah sangat terkenal di seluruh wilayah indonesia. Adapun bahan
dasar dari makanan ini adalah
Daging sapi segar.
B.
Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan Rendang Khas Jawa ini
diantaranya :
1.
Hidangan lezat dan bergizi
2.
Harga relatif terjangkau oleh semua kalangan baik kalangan atas ataupun
kalangan menengah
3.
Memiliki varian rasa pedas manis
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A.
Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual
makanan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan Varian rasa yg bikin nagih.
B.
Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha
menengah, kalangan manapun tahu dengan produk Rendang Khas Jawa.Dalam usaha ini tidak
memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan. Dan juga
tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus atau juru masak, akan
tetapi dibutuhkan sikap tekun, ulet, sabar, dan kerja keras.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. Bahan Baku dan
penggunaannya
Bahan-bahan untuk membuat Rendang Daging Sapi Khas Jawa:
No.
|
Keterangan
|
1.
|
Daging
Sapi Segar
|
2.
|
Kelapa
|
3.
|
Cabai
|
4.
|
Garam
|
5.
|
Penyedap
Rasa
|
6.
|
Bawang
Putih
|
B. Bahan
Penolong
No.
|
Keterangan
|
1.
|
Bawang Merah
|
2.
|
Gula Merah
|
C.
Proses Produksi
Adapun cara pembuatan Rendang adalah :
Proses
pembuatan Rendang terdiri
dari :
1. Tahap Penyiapan Bahan
Pada tahap ini bahan utama Daging Segar Harus
dipotong sedang lalu dicuci dengan air bersih,untuk membuat Rendang disiapkan
kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu dan Santan,Campur Jadi satu
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.
Analisis Persaingan Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap
lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength (kekuatan)
Kekuatan produk Pempek Mlembung ini ialah :
Potensi lain yang dimiliki oleh
usaha Pempek
Mlembung ini yaitu
penjualan Pempek dari bahan dasar ikan dan menggunakan varian isi yang
masih jarang, sehingga masih besar kemungkinan usaha ini untuk menjadi usaha
yang cukup besar.
2. Weakness (kelemahan)
Tidak enak jika disantap
dalam keadaan dingin , jadi produk harus hangat jika akan di sajikan.
3. Oppurtinity (peluang)
Tempat strategis, ciri khas menu dan isi Pempek Mlembung yang bervariasi menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang konsumtif,
di Samarindadapat
menjadikan usaha ini memiliki peluang besar untuk mendapatkan
keuntungan yang sebesar-besarnya.
4. Threath (ancaman)
Banyak saingan yang namanya sudah lebih
melambung dan dikenal konsumen terutama di Samarinda, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik
dapat menyebabkan kenaikan Pempek Mlembung yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
B. Analisis 4P
1.
Product
Brand :Rendang Daging Sapi Khas Jawa
Quality :Tanpa bahan pengawet
Packing :Menggunakan tempat plastic jika
mau dibawa pulang
2.
Price
Untuk harga
awal,Rendang Daging Sapi ini dijual langsung kepada konsumen dengan
harga
Rp 20.000,- per porsi
3.
Promotion
Ø Personal Selling :
Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke
mulut kemudian terus berkembang.
Ø Media Online : memasarkan
produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook, BBM dan twitter.
4.
Place
Tempat yang dipilih yaitu di Tanjung Bintang.
C. Target Dan Segmentasi Pasar
Ø
Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Tanjung
Bintang
Ø
Demografi
Berdasarkan
demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan siswa, masyarakat dan
lingkungan sekitar . Dan dipinggiran jalan dengan
membuka Warung Makan Rendang Khas Jawa untuk mempermudah kami memperoleh
informasi pasar.
D. Strategi Pemasaran
Ø
Perkenalan Bisnis
Produk
yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan harga yang
terjangkau dengan rasa yang Bikin masyarakat ketagihan, Produk ini bernama “Rendang
Khas Jawa” yaitu Rendang yang disajikan dengan rasa yang berbeda dengan yang
lainya.
Ø
Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Memiliki produk Rendang
Khas Jawa yang berbahan baku Daging Sapi.
Oleh karena itu Rendang Khas Jawa berniat bekerja sama dengan pemasok Daging yang ada di pelelangan Daging.
Ø
Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan.
Produk
Rendang Khas Jawa kali ini yang pertama yaitu Daging dengan Rasa pedas Manis
khas jawa.
Ø
Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh
Rendang Khas Jawa
Ø
Media pemasaran
Kami
akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook , BBM dan twitter serta face to face.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Bahan Baku per Hari
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Daging
Sapi Segar
|
1/kilo
|
Rp
120.000,-
|
2
|
Kelapa
|
6
biji
|
Rp 60.000,-
|
4
|
Garam
|
1
bungkus
|
Rp
1.000
|
5
|
Penyedap
Rasa
|
3
bungkus
|
Rp 3.000
|
6
|
Bawang
Putih
|
2
siung
|
Rp
3.000
|
|
Total
|
Rp 187.000,-
|
B. Peralatan dan Mesin
No
|
Keterangan
|
Satuan
|
Harga
|
1
|
Timbangan
|
1 Buah
|
Rp 50.000
|
2
|
Sendok Nasi
|
1 Buah
|
Rp 10.000
|
3
|
Blender
|
1 Buah
|
Rp 300.000
|
4
|
Baskom
|
3 Buah @ Rp 6.000
|
Rp 18.0000
|
5
|
Panci Besar
|
1 Buah
|
Rp 100.000
|
6
|
Wajan
|
1 Buah
|
Rp 80.000
|
7
|
Spatula
|
1 Buah
|
Rp 15.000
|
8
|
Serok
|
1 Buah
|
Rp 15.000
|
9
|
Kompor
|
1 Buah
|
Rp 250.000
|
10
|
Kulkas Kecil
|
1 Buah
|
Rp 600.000
|
11
|
Lemari Kaca
|
1 Buah
|
Rp 150.000
|
Total
|
Rp 1.588.000
|
C. Biaya Tenaga
Kerja
1 orang = Rp 500.000 per bulan
Jadi biaya tenaga kerja per hari
adalah Rp 19.000
D. Biaya
Overhead Pabrik
No.
|
Keterangan
|
Satuan
|
Harga/satuan
|
Jumlah
|
1.
|
Biaya
Listrik
|
1
hari
|
Rp
7.500
|
Rp
7.500
|
2
|
Biaya
Transportasi
|
1
hari
|
Rp
18.000
|
Rp
18.000
|
3.
|
LPG
3kg
|
1
Tabung
|
Rp
15.000
|
Rp
15.000
|
4.
|
Plastik
& mika
|
2
pack
|
Rp
20.000
|
Rp
40.000
|
Jumlah
|
Rp
80.500
|
E. Biaya Sewa Dan
Pemasaran
Biaya sewa Rp. 6.000.000,- per tahun
Biaya Pemasaran Rp. 1.500.000 per tahun
F. Harga per Porsi
Harga per Porsi
adalah Rp. 15.000,-
Target penjualan Pempek per hari adalah 15 porsi . Jadi total harga adalah
Rp. 225.000,-
G. Modal Awal
Total
Biaya Awal = Rp 10.427.500,-
H. Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin s/d
minggu. Berikut rinciannya :
a. Pendapatan Harian = Rp 15.000 x 15 porsi
= Rp 225.000
b. Pendapatan bulanan = Rp 225.000 x 30 hari = Rp
6.750.000
Jika diasumsikan penjualan 1 tahun konstan, maka:
c.
Pendapatan yang akan dicapai
= Rp 6.750.000 x 12 =
Rp 81.000.000
d.
Dan dengan biaya produksi
= Rp 759.000 x 12 = Rp 9.108.000
Maka
laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
Rp
81.000.000 – Rp 9.108.000 = Rp 71.892.000
I. Pengembalian Modal
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 10.427.500 : Rp 6.750.000= 1,5 bulan (45
hari)
BAB IX
RESIKO
`Resiko yang mungkin terjadi dalam
usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah
atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk
yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Rendang Khas Jawa.
BAB X
PENUTUP
A. Kesimpulan
Usaha Masakan Rendang Khas Jawa
ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh
keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam isi dan rasa yang
sesuai dengan selera konsumen. Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat
dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan
usahanya. Agar tidak menimbulkan kegagalan usaha di tengah jalan, seorang
wirausaha harus memiliki rencana dan memperhatikan secara maksimal rencana
tersebut agar usaha berkembang dengan cepat serta tetap menjaga kualitas dan
berinovasi untuk menarik para konsumen membeli produk tersebut.
Trimakasih informasinya sangat membantu.. saya izin copas ya :)
BalasHapusTitanium White Dominus Price | Titanium Goods
BalasHapusTitanium Gold 2017 ford fusion energi titanium Deluxe titanium legs is a titanium trim hair cutter Deluxe Game Box Set featuring a Box Set featuring 40 Classic galaxy watch 3 titanium Games! This is titanium camping cookware an authentic item from Tintin Games.